Selasa, 09 Desember 2014

Resolusi??

Menjelang akhir tahun 2014, orang-orang mulai sibuk dengan "Resolusi" nya masing-masing di tahun 2015. Ada yang menarik, ada yang lucu, bahkan ada juga yang aneh-aneh. Dari mulai pengen kurus, lebih rajin perawatan, punya tabungan, punya rumah dan kendaraan pribadi, punya pacar baru, dan hal-hal lainnya. Dan aku? Hmm.. apa ya..
Aku tidak punya daftar resolusi yang spesifik. Bagiku ini hanya sebatas kebiasaan yang akan mulai kujalankan menjelang tahun 2015. 
Daftar Kebiasaan :
1. Mengurangi belanja di swalayan dan lebih mengutamakan belanja di warung-warung kecil atau pasar tradisional. Mengapa hal ini aku jadikan sebagai kebiasaan baru nantinya? Karena kecenderungan yang terjadi adalah orang-orang lebih senang berbelanja di swalayan dibandingkan di warung-warung kecil dan pasar tradisional. Aku sendiri mengakui bahwa memang dari segi faktor kenyamanan dan kelengkapan barang mungkin menjadi pertimbangan utama bagi orang-orang untuk tetap berbelanja di Swalayan. Akibatnya, swalayan semakin ramai, sementara warung-warung kecil semakin sepi, bahkan banyak dari warung-warung itu kemudian tutup karena sepi pembeli. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan belanja disana? Bukankah dengan belanja di warung-warung kecil tersebut kita ikut mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama yang berjualan?


2. Masak pada hari Sabtu Minggu, bahkan jika memungkinkan aku kan masak setiap hari. Minimal untuk nasi. Kenapa? Karena kecenderungan makanan yang dijual di luar cenderung tidak sehat. Mengandung banyak vetsin, minyak, atau bisa jadi bahan mentah hewani nya dimasak dalam keadaan yang tidak segar. Aku sebagai orang yang bisa dibilang hobi masak dan makan, tentunya bisa membedakan antara ikan atau daging yang segar atau sudah di freezer selama beberapa hari, atau bahkan yang sudah berubah bau dan rasanya. Itu pasti akan terasa berbeda walaupun sudah dibauri bumbu apapun. Dan daging-dagingan yang sudah berubah kondisi tersebut bisa dikatakan sudah tidak sehat untuk dikonsumsi bahkan bisa jadi dapat mendatangkan penyakit. Hal lain yang dapat membahayakan kesehatan kita yaitu penggunaan formalin pada makanan / jajanan tertentu. Yang dikhawatirkan adalah kondisi antara makanan berformalin dan makanan segar terkadang mirip dan sulit dibedakan, jadi kita harus lebih jeli dalam memilih makanan. Jadi, hidup sehat dimulai dengan makanan yang sehat.




Dampak buruk penggunaan MSG : http://iraiyai.wordpress.com/2011/09/02/dampak-buruk-msg/
Sejauh ini, hanya itu saja daftar kebiasaan baru yang akan aku terapkan per 2015. Jika ada tambahan lain, mungkin aku akan bikin postingan yang baru lagi. Hehehehhehe....

Have a good day... ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar